Perbaiki diri karena apa?

September 12, 2016

perbaiki diri karena apa?

[caption id="attachment_525" align="alignnone" width="960"]pixabay.com pixabay.com[/caption]

Perbaiki diri karena apa???

Semua berbondong – bondong sibuk perbaiki diri . alasannya sederhana, INGIN JADI LEBIH BAIK dan MEMANTASKAN DIRI. Bahkan ada yang gagal nikah lantas dia berhijrah, niatnya INGIN MEMANTASKAN DIRI juga, dan ada juga yang memperbaiki diri karena ingin segera bertemu dengan jodohnya dan menikah.

Memang, dengan  MEMPERBAIKI diri, mungkin saja dapat PASANGAN yang BAIK juga, seperti firman Allah:

“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula)...(An-Nisa : 26) .

Janji Allah memang benar, tapi cobalah kembalikan kondisi baik tak baik itu pada dirimu sendiri. Memangnya jika kau sudah bersibuk memperbaiki diri lantas kau baik? Terus mengatakan mereka yang masih jauh darimu , masih beda dengan mu, berpenampilan belum menutup aurot atau masih memakai jilbab tapi pendek dan masih memakai celana ketat atau belum memakai niqob kau anggap masih tak baik? Mereka para Ikhwan yang sering keluar malam, berteman dengan preman atau wanita seenaknya, tidak pernah ke masjid dan shalatpun masih bolong terus, tak bisa mengaji kau masih anggap dia tak baik juga?

Kau itu siapa memangnya? Sampai – sampai kau menentukan bahwa dia tak baik dan dia baik. Kau itu siapa?

Kau itu Cuma manusia. MANUSIA. Kau hanya bisa melihat apa yang ada pada diri orang itu dari lahir. Apa isi hati orang tersebut kau tak tahukan? Bisa jadi secara luar dia terlihat jauh dari sang pencipta, tapi hati, dia begitu dekat dengan-NYA.

Kau itu Cuma tahu sekilas tentang hidupnya alias sponsor mawon, bukan kehidupannya secara total.

.

Jika kau memang niatmu perbaiki diri, Yasudah, niatkan karena ALLAH. Perlakukan semua orang dengan baik, dengan pantas, walaupun dia bersikap tak baik padamu, walaupun dia beda keyakinan denganmu. Tetaplah, berlaku baik. Hatimu juga belajar memaafkan. Kau juga belajar ikhlas, mulutmu juga belajar diam tak membicarakan orang hanya karena dia berbuat salah atau jelas – jelas berbuat salah.

Kalau memang niatnya perbaiki diri, mulailah perbaiki dirimu dengan sang pencipta. Allah.

Perbaiki niat karena Allah. Bukan karena ingin segera mendapat jodoh atau lainnya.

.

IsyaAllah, ketika kau sibuk perbaiki dirimu karena Allah,  sibuk mempelajari ilmunya, mengamalkannya dan mengajarkannya, kau perbaiki tugas mu sebagai hamba, Jodohmu akan di datangkan oleh Allah.

Tapi, tetap. Siapkan Mental, siapkan hati, siapkan diri, kuatkan diri, kuatkan mental, kuatkan semua. Pegang teguh dan yakin sama Allah, karena proses perbaiki diri itu susah – susah gampang. Butuh perjuangan tingkat tinggi. Kau harus siap. Jika kau niat karena Allah, sesulit apapun yang kau hadapi, InsyaAllah dimudahkan oleh Allah.

.

Namun, jika niat perbaiki dirimu hanya karena gengsi, hanya karena ikut – ikutan, hanya karena ingin dapat jodoh, bukan karena Allah, kau akan melamah, lemah dan lemah. Entah, sampai bisa bertahan atau tidak.

.

Jadi, kau perbaiki dirimu karena apa? Allah? Dunia?

You Might Also Like

0 comments