Baik.

Agustus 03, 2018


Jika aku searching, bukan searching tapi baca makna baik dari KBBI, baik memiliki banyak definisi, tapi kali ini baik yang ku maksud adalah elok tak ada celah sama sekali.

Baik.
Sepatah kata yang harusnya terus orang percayai tanpa tapi. Bukan orang, tetapi aku sendiri, kan ini sedang menasihati diri, jadi untuk menyindir diri sendiri. Jadi, harusnya aku mempercayai seluruh orang di muka bumi ini baik tanpa terkecuali.


Aku mengatakan tanpa terkecuali karena setiap orang memiliki sisi baik dan buruk, itu berarti masing - masing orang memiliki kebaikan dengan versinya sendiri - sendiri.

Misalnya, seorang pencuri, dan pencuri ini adalah seorang kepala rumah tangga yang tidak memiliki pekerjaan, ayah dari dua orang anak yang berumur beberapa tahun dan seorang suami dari seorang wanita berprofesi sebagai ibu rumah tangga.

Jika dia memilih untuk mencuri, belum tentu dia orang jahat. Kau tahu kenapa? karena apa yang dia lakukan itu memiliki motif. Karena ayah ini tak memiliki uang untuk menghidupi keluarganya, melamar sebuah pekerjaan di tolak di banyak tempat, sehingga bisa saja dia memilih mencuri agar keluarganya bisa melanjutkan hidup, meskipun ada pilihan lain, tetapi, jika kondisi kepepet, kadang mencuri adalah pilihan terbaik demi keluarga.

Dia menganggap cara ini cara terbaik, megingat kepala keluarga yang baik adalah dia yang bisa memenuhi kebutuhan keluarganya.

Jadi rasanya, kau harus menganggap orang lain baik tanpa terkecuali, bahkan para pencuri hingga pembunuhpun. Karena jika bukan dirimu yang menyakini orang lain baik siapa lagi?

Bukankah kamu juga ingin di angap baik juga oleh orang lain?

Dan, berpikirlah pada posisinya, bukan posisimu, jika kau berpikir orang lain baik. Karena setiap pilihan dari orang lain itu memiliki alasannya masing - masing.

Bukankah kau juga memiliki sebuah alasan di balik keputusan yang kau buat?

Bumi, 3 Agustus 2018
Tengah ruang berlampu sorot putih melati.


You Might Also Like

0 comments