Fitur IDN Live Menjadi Masa Depan Live Streaming Generasi Z

Desember 20, 2022

IDN Live_Dokumentasi pribadi

Semenjak pandemi tahun 2020 penggunaan internet di Indonesia semakin meningkat. Banyak layanan provider internet menawarkan bermacam-macam promo demi menarik pelanggan baru. Bahkan berbagai platform ikut bersaing demi dilirik masyarakat dan menjadi media utama mereka untuk menikmati hiburan, sumber informasi bermanfaat hingga pendapatan. 

Salah satu platform tersebut adalah IDN App. Selain menjadi tempat untuk mengakses berita up to date dan menjadi wadah para penulis handal, IDN App juga menyediakan IDN Live lho. Fitur yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan live streaming dan berinteraksi secara langsung dengan banyak orang diberbagi tempat.

IDN Live hadir untuk masa depan live streaming di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh William Utomo, COO IDN Media saat IDN Media berkesempatan berbincang membahas tren live streaming di Indonesia. Yuk simak penjelasannya.

IDN Live_IDN Media

Peminat konten live streaming Gen Z meningkat

Bukan rahasia umum, bahwa kehidupan Gen Z tidak bisa jauh dari teknologi dan internet. Disebut sebagai generasi digital native juga enggak asal lho, tapi berdasarkan IDN Research Institute berjudul Indonesia Gen Z Report 2022. Mereka lebih tertarik mengonsumsi konten digital dalam format video, yaitu video-based content dengan presentase 75% dan 13 % menjadi presentase Gen Z yang menyukai konten live streaming.

Berdasarkan riset tersebut, membuat IDN Media semakin yakin, bahwa IDN Live yang dihadirkan di IDN App dapat membantu Gen Z memperoleh informasi lebih mudah. Apalagi saat melakukan live streaming bisa berinteraksi secara langsung dengan streamer. Belum lagi, saat mengikuti live streaming Gen Z masih bisa multitasking seperti membalas pesan atau berfoto tanpa harus keluar dari live streaming yang diikuti.

Uniknya penikmat konten live streaming IDN Live

Micro community adalah julukan para penikmat live streaming IDN Live yang diberikan oleh William. Karakteristik mereka sudah terbentuk setelah satu tahun IDN Live hadir di IDN App.

William mengungkapkan bahwa, “Micro community menikmati konten live streaming dengan cara berbeda-beda. Ada yang mengikuti untuk melihat seberapa lihai streamer bermain game, mengetahui cara streamer melakukan video reaction, bahkan hanya sekedar saling sapa dan mengobrol dengan streamer dengan durasi berbeda-beda. Perilaku inilah yang membuat para audience IDN Live unik dibanding penikmat konten lainnya.

IDN Live_Dokumentasi Pribadi

Terbangunnya ekosistem live streaming dengan kolaborasi

Tempat nongkrong virtual, itulah pandangan William terhadap live streaming IDN Live yang pertumbuhannya micro community semakin besar setiap harinya. Membuat IDN Media mengajak banyak pihak untuk terlibat dengan ekosistem live streaming di Indonesia. Seperti para gamers dari berbagai tim esports, yaitu ONIC Esports, PAOXTIPI, dan Bigetron Esports. 

William juga menjelaskan”Live streaming bisa diibaratkan nongkrong bareng kalau di dunai nyata. Berkumpul dengan teman dan melakukan aktivitas yang digemari bersama-sama. Contohnya sekedar ngobrol biasa, menonton video lucu atau reaction, dan bermain game. Konten live streaming ini memiliki interaksi dua arah tentu lebih digemari dari interaksi satu arah misalnya ketika live cover lagu tanpa interasi.”

Inovasi berkelanjutan demi menguatkan micro community

Demi para streamer bisa terus berkarya secara positif dan menjadi hiburan bagi audience, IDN Media terus berinovasi mengembangkan fitur IDN Live di IDN App. Sehingga bisa menguatkan micro community yang dibangun saat live streaming berlangsung. William juga menyampaikan harapannya terhadap IDN Live dimasa depan.

“Harapannya, IDN Live menjadi tempat nongkrong bareng para streamer untuk berinteraksi dengan audiensnya secara langsung dan mudah dari offline menjadi online. Bahkan dimasa depan, kami juga ingin mengeksplorasi aktivitas lain untuk bisa hadir di live streaming IDN Live, sehingga jumlah streamer yang kini masih ratusan menjadi ribuaan atau puluhan ribu. Dengan begitu micro community IDN Media di IDN Live makin semakin solid mengingat meningkatnya konten interaktif dan jumlah streamer. Kuncinya satu, IDN Media memfasilitasi kegiatan nongkrong bareng secara online demi menciptaan micro community.” jelas William. 



 

You Might Also Like

10 comments

  1. Saya pernah ikutan nonton live streaming di IDN App.. lucu2 seru ..kalo yang suka game bisa juga live streaming disana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebanyakan para gamers mbak yang live. Serasa ikut langsung main.

      Hapus
  2. seneng banget kalau lihat liv streaming. bisa interaktif dengan banyak orang, berasa ketemuan nyata heheh

    BalasHapus
  3. Menurut aku sih selain perlu skil komunikasi yang baik, perlu juga rasa percaya diri yang tinggi buat jadi streamer.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Percuma kalo pinter berkomunikasi tapi kalo enggak Percaya Diri. Challenge banget ini.

      Hapus
  4. dunia streamer.. dunianya anak-anak sekarang.. hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehehe. Kebanyakan didominasi oleh bocil-bocil SD SMP mbak.

      Hapus
  5. penasaran juga euy gimana rasanya live streaming. pastinya harus bikin konten yang menarik ya biar penonton betah sama siaran live kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kontennya harus nendang sesuai target pasar mbak. Ben penonton betah tanpa gangguan.

      Hapus