Inovasi IDN Media Menyambut Tahun 2023

Januari 24, 2023

IDN Media_2023

Prediksi resesi global akan terjadi kembali di tahun 2023 sudah menjadi isu sejak tahun lalu. Setelah sempat terjadi ketika penyebaran COVID-19 tahun 2020. Dampak kali ini dapat membuat sebuah perusahaan bangkrut jika tak menggunakan strategi tepat. Jadi wajar, jika ada perusahaan memilih melakukan PHK demi bisa bertahan ditengah ancaman resesi.

Namun ada juga yang memilih mempertahankan karyawannya dan melahirkan inovasi agar tetap stabil.  Salah satu contoh perusahaan yang melakukan terobosan di tahun 2023 adalah IDN Media. Lantas terobosan besar apa yang akan dilakukan kali ini? Yuk langsung saja simak penjelasannya.  

IDN Media berkembang jadi platform media tech-driven

Semenjak didirikan 9 tahun lalu, tepatnya pada 8 Juni 2014, IDN media sudah di­­-design sebagai platform berita para Millennial dan Gen Z Indonesia. Mengusung visi untuk mendemokrasi akses informasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat, kini IDN Media telah memiliki Monthly Active Users (MAU) sebanyak 80 juta lebih.

Bahkan sudah banyak unit bisnis yang dilahirkan dari empat kategori IDN Times, diantaranya IDN (content platform); IDN Times, Popmama.com, Popbela.com, Yummy, Duniaku.com, GGWP.ID, IDN Creative, IDN Event, FORTUNE Indoneisa (digital media), ICE, IDN Programmtic OOH (commercial); JKT48 dan IDN Pictures (entertainment).

Fundamental bisnis kuat

IDN Media tetap bisa berkembang dan melahirkan inovasi di tengah dinamika makro tahun 2022. Konten yang dihasilkan memberikan dampak positif kepada masyarakat Indonesia. Setelah dianalisa untuk menghadapi tahun 2022, IDN Media dapat bertahan karena memiliki fundamental bisnis yang kuat, terutama saat menghadapi faktor dari eksternal perusahaan.

Salah satu cara agar fundamental bisnis semakin kuat adalah selalu komitmen untuk menambah nilai tehadap seluruh stakeholder. Oleh karena itu, IDN Media selalu menyajikan konten berita yang relevan dan hiburan sesuai target audiens-nya –Millennial dan Gen Z-. Terutama melalui empat bisnis kategori IDN Media, yaitu content platform, digital media, commercial, dan entertainment. Dan rencana ini juga akan diterapkan kembali tahun 2023.

IDN Media_2023

Live streaming salah satu fokusnya

Menumbuhkan bisnis live streaming juga menjadi fokus serta visi IDN Media tahun 2023. Mengingat dimasa depan, anak muda semakin menggandrunginya. Berdasarkan IDN Research Institute berjudul Indonesia Gen Z Report 2022, Gen-Z lebih menyukai format konten berbasis video, live streaming menempati posisi kedua (75%). Maka dari itu IDN Media melahirkan IDN Live yang terdapat pada platform IDN untuk memudahkan Gen-Z menikmati konten live streaming.

Komitmen ini sudah mulai direalisasikan sejak awal tahun 2023 dengan meluncurkan sejumlah fitur baru pada IDN Live. Sehingga UGC feature, redemption, dan referral sudah bisa diakses di platform live streaming pada aplikasi IDN. UGC feature dapat memberikan manfaat maupun kesempatan bagi siapa saja yang ingin berkarya pada IDN Live untuk menjadi Streamers dan menghasilkan tambahan penghasilan. Harapannya, tiga fitur baru ini membantu bahkan mempermudah para content creator saat melakukan live streaming. Namun, tidak hanya sampai disini inovasi IDN Media, tunggu trobosan-trobosan terbarunya untuk memenuhi kebutuhan mayarakat Indonesia, terutama Millennial dan Gen Z.

Kembangan creator economy lewat ICE

Tahun 2023 IDN Media mengembangkan Indonesia Creator Economy (ICE) dalam bentuk marketing ataupun bentuk lainnya. Nantinya ICE menjadi platform terbesar para kreator di Indonesia dengan visi mendemokratisasi “creators economy” di Indonesia melalui teknologi. ICE memberikan berbagai penawaran layanan, seperti content creator marketing, content creator trading, content creator representation, financial technology solutions, dan brand & product development. Tahun ini, ICE juga meluncurkan platform  website yang nantinya dapat meberikan penawaran kolaborasi tanpa batas antar kreator dan brand.

Sedangkan Creator economy adalah industri para influencer atau content creator untuk memasarkan jasa dan produk dari brand kepada konsumen. Kini, creator economy semakin berkembang, dapat dilihat dari Millennial dan Gen-Z yang memutuskan membeli jasa atau produk dengan memperhatikan hubungan antar kreator dan perusahaan.

Tetap optimis tumbuh di tahun 2023

Berdasarkan survei resesi dari Bloomberg, Indonesia memiliki potensi resesi cukup rendah sebesar 3% dibandingkan negara lain, nyatanya antisipasi tetap dilakukan banyak perusahaan, salah satunya IDN Times. Mengingat muncul dampak kepada IDN Media yang bergerak dibidang media dan menjadikan iklan sebagai salah satu pendapatan tetap perusahaan. Ketika resesi, para klien cenderung melakukan efisiensi biaya dan biasanya biaya pertama yang dikurangi adalah biaya pemasaran.

Namun, tahun 2023 menurut proyeksi dan analisa, Indonesia masih terus bertumbuh dan berkembang. Sehingga memberikan dampak positif untuk IDN Media di masa depan, tetapi tetap menggukan prinsip kehati-hatian saat mengambil keputusan. Serta IDN Media tetap fokus menguatkan nilai tambah terhadap seluruh stakeholder di tahun 2013. Dengan begitu, visi IDN Media untuk mendemokratisasi informasi bagi seluruh masyarakat Indonesia dapat tercapi. 

You Might Also Like

5 comments

  1. Konten berupa video memang lebih mudah dinikmati ya, kita dimanjakan dengan visual soalnya.

    BalasHapus
  2. Live streaming mmg sedang diminati, jarak pun jd bukan halangan utk bertatap muka

    BalasHapus
  3. IDN memang selalu optimis, hal yang patut ditiru. Biar media tetap berjalan..

    BalasHapus
  4. Tahun 2023 semoga bisa optimis juga nih seperti IDN Media dengan menciptakn inovasi baru..

    BalasHapus
  5. dalam dunia bisnis memang wajib yaa melakukan rencana bisnis untuk menghadapi tantangan di tahun yang ada

    BalasHapus