Prediksi resesi
global akan terjadi kembali di tahun 2023 sudah menjadi isu sejak tahun lalu. Setelah
sempat terjadi ketika penyebaran COVID-19 tahun 2020. Dampak kali ini dapat
membuat sebuah perusahaan bangkrut jika tak menggunakan strategi tepat. Jadi wajar,
jika ada perusahaan memilih melakukan PHK demi bisa bertahan ditengah ancaman
resesi.
Namun ada juga
yang memilih mempertahankan karyawannya dan melahirkan inovasi agar tetap
stabil. Salah satu contoh perusahaan
yang melakukan terobosan di tahun 2023 adalah IDN Media. Lantas terobosan besar
apa yang akan dilakukan kali ini? Yuk langsung saja simak penjelasannya.
IDN Media berkembang jadi platform media
tech-driven
Semenjak
didirikan 9 tahun lalu, tepatnya pada 8 Juni 2014, IDN media sudah di-design sebagai platform berita para Millennial
dan Gen Z Indonesia. Mengusung visi untuk mendemokrasi akses informasi dan
membawa dampak positif bagi masyarakat, kini IDN Media telah memiliki Monthly Active Users (MAU) sebanyak 80
juta lebih.
Bahkan
sudah banyak unit bisnis yang dilahirkan dari empat kategori IDN Times,
diantaranya IDN (content platform); IDN
Times, Popmama.com, Popbela.com, Yummy, Duniaku.com, GGWP.ID, IDN Creative, IDN
Event, FORTUNE Indoneisa (digital media),
ICE, IDN Programmtic OOH (commercial);
Fundamental bisnis kuat
IDN
Media tetap bisa berkembang dan melahirkan inovasi di tengah dinamika makro
tahun 2022. Konten yang dihasilkan memberikan dampak positif kepada masyarakat
Indonesia. Setelah dianalisa untuk menghadapi tahun 2022, IDN Media dapat
bertahan karena memiliki fundamental bisnis yang kuat, terutama saat menghadapi
faktor dari eksternal perusahaan.
Salah
satu cara agar fundamental bisnis semakin kuat adalah selalu komitmen untuk menambah
nilai tehadap seluruh stakeholder. Oleh
karena itu, IDN Media selalu menyajikan konten berita yang relevan dan hiburan
sesuai target audiens-nya –Millennial dan Gen Z-. Terutama melalui empat bisnis
kategori IDN Media, yaitu content
platform, digital media, commercial, dan entertainment. Dan rencana ini juga akan diterapkan kembali tahun
2023.
IDN Media_2023 |
Live streaming salah satu
fokusnya
Menumbuhkan
bisnis live streaming juga menjadi
fokus serta visi IDN Media tahun 2023. Mengingat dimasa depan, anak muda semakin
menggandrunginya. Berdasarkan IDN
Research Institute berjudul Indonesia Gen Z Report 2022, Gen-Z lebih
menyukai format konten berbasis video, live
streaming menempati posisi kedua (75%). Maka dari itu IDN Media melahirkan IDN
Live yang terdapat pada platform IDN untuk memudahkan Gen-Z menikmati konten live streaming.
Komitmen ini sudah mulai direalisasikan sejak
awal tahun 2023 dengan meluncurkan sejumlah fitur baru pada IDN Live. Sehingga
UGC feature, redemption, dan referral sudah bisa diakses di platform live streaming pada aplikasi
IDN. UGC feature dapat memberikan
manfaat maupun kesempatan bagi siapa saja yang ingin berkarya pada IDN Live
untuk menjadi Streamers dan
menghasilkan tambahan penghasilan. Harapannya, tiga fitur baru ini membantu
bahkan mempermudah para content creator saat
melakukan live streaming. Namun,
tidak hanya sampai disini inovasi IDN Media, tunggu trobosan-trobosan terbarunya
untuk memenuhi kebutuhan mayarakat Indonesia, terutama Millennial dan Gen Z.
Kembangan creator economy lewat ICE
Tahun 2023 IDN Media mengembangkan Indonesia
Creator Economy (ICE) dalam bentuk marketing ataupun bentuk lainnya. Nantinya ICE menjadi platform terbesar
para kreator di Indonesia dengan visi mendemokratisasi “creators economy” di Indonesia melalui teknologi. ICE memberikan berbagai
penawaran layanan, seperti content
creator marketing, content creator trading, content creator representation,
financial technology solutions, dan brand & product development. Tahun
ini, ICE juga meluncurkan platform website yang nantinya dapat meberikan
penawaran kolaborasi tanpa batas antar kreator dan brand.
Sedangkan
Creator economy adalah industri para influencer atau content creator untuk memasarkan jasa dan produk dari brand kepada
konsumen. Kini, creator economy semakin
berkembang, dapat dilihat dari Millennial dan Gen-Z yang memutuskan membeli
jasa atau produk dengan memperhatikan hubungan antar kreator dan perusahaan.
Tetap optimis tumbuh di
tahun 2023
Berdasarkan
survei resesi dari Bloomberg, Indonesia memiliki potensi resesi cukup rendah
sebesar 3% dibandingkan negara lain, nyatanya antisipasi tetap dilakukan banyak
perusahaan, salah satunya IDN Times. Mengingat muncul dampak kepada IDN Media yang
bergerak dibidang media dan menjadikan iklan sebagai salah satu pendapatan
tetap perusahaan. Ketika resesi, para klien cenderung melakukan efisiensi biaya
dan biasanya biaya pertama yang dikurangi adalah biaya pemasaran.
Namun,
tahun 2023 menurut proyeksi dan analisa, Indonesia masih terus bertumbuh dan berkembang.
Sehingga memberikan dampak positif untuk IDN Media di masa depan, tetapi tetap
menggukan prinsip kehati-hatian saat mengambil keputusan. Serta IDN Media tetap
fokus menguatkan nilai tambah terhadap seluruh stakeholder di tahun 2013. Dengan begitu, visi IDN Media untuk
mendemokratisasi informasi bagi seluruh masyarakat Indonesia dapat tercapi.